Minggu, 29 April 2012

Sekilas Tentang Lantai


Lantai merupakan penutup permukaan tanah dalam ruangan dan sekitar rumah (teras,carport). Fungsinya
sebagai alat pijakan kaki sehingga memberi kenyamanan ketika berjalan di atasnya.lantai juga dapat memberi nilai estetika suatu rumah sehingga dapat menambah nilai jual bangunan rumah.
Penggunaan lantai bermacam-macam. Untuk dalam ruangan (interior) sebaiknya di gunakan bahan lantai yang mempunyai warna,pola, dan dimensi serta tekstur yang halus. Sedangkan untuk luar ruangan (eksterior) digunakan lantai yang bertekstur kasar supaya tidak licin apa bila terkena air. Lantai adalah bagian bangunan yang terus menerus menerima beban cukup berat. Beban yang diterima oleh lantai berasal dari pengguna (beban hidup) dan benda-benda mati yang diletakkan diatasnya (beban mati), seperti furniture,artwork, dan elemen interior lainnya.
    Jenis lantai yang sesuai dengan aktivitas diatasnya beserta pemasangan lantai yang tepat dapat meningkatkan daya tahan lantai tersebut. Misalnya, desain lantai untuk rumah tinggal berbeda dengan desain lantai pabrik. Beban lantai pada rumah tinggal jauh lebih kecil daripada beban yang harus diterima oleh lantai pabrik. Oleh karena itu, sebaiknya lantai pabrik menggunakan bahan yang tidak terlalu mahal, namun harus tahan gesekan, kuat, dan mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan. Material yang sesuai untuk hal tersebut adalah lantai beton.
    Lantai merupakan bagian ruang yang paling banyak bersentuhan dengan aktivitas setiap orang sehari-hari. Oleh karena itu, syarat dalam desain lantai adalah lantai yang nyaman, kuat, dan stabil agar segala aktivitas berlangsung lancar dan menyenangkan. Salah satu kiat untuk mempermudah untuk pengambilan keputusan jenis apa yang hendak dipakai adalah dengan mendaftarkan aktivitas-aktivitas yang biasanya berlangsung disetiap ruang.
Kriteria memilih lantai:
  • Kualitasnya harus kuat & awet
  • Memenuhi faktor keselamatan
  • Sesuaikan dengan penggunaan
  • Nyaman
  • Sesuaikan dengan budget

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More