Minggu, 29 April 2012

Lantai Gypsum


 Papan gipsum merupakan bahan pelapis interior untuk dinding pembatas, partisi, plafon maupun lantai.
Sama dengan semen, papan gipsum yang terbuat dari kapur ditambah bahan aditif lain memiliki karakteristik seragam sehingga orang sukar membedakan kualitas produk yang satu dengan yang lain. Bentuknya berupa lembaran berukuran 1,2 x 2,4 m selain ukuran customized, tebal 9 – 15 mm, dan warna putih atau abu-abu.
Terdapat berbagai merek papan gypsum yang beredar di pasaran. Diantaranya ialah jayaboard, elephant, GRC, Knauf, Pro, Kalsiboard, starboard, dan lain-lain.
Papan gypsum diklasifikasikan dari jenis performa papan dan ketebalannya. Secara lebih detil kita bahas sebagai berikut :
1. Papan gypsum standard

Papan gypsum ini merupakan varian umum dari Papan Gypsum. Tebal yang tersedia yaitu 9mm, 12mm dan 15mm.
2. Papan gypsum tahan api

Papan gypsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap api, durasi ketahanan apinya tergantung dari sistem dinding partisi yang digunakan. Tebal yang tersedia yaitu 12mm dan 15mm
3. Papan gypsum tahan kelembaban

Papan gypsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap kelembaban, cocok digunakan untuk daerah – daerah yang lembab dalam bangunan, seperti toilet, dapur dan gudang. Bila papan gipsum ini digunakan sebagi dinding kamar mandi, maka disarankan untuk melapisi permukaan papan gypsum tersebut dengan keramik dinding, tahan kelembaban bukan berarti tahan air. Tebal yang tersedia yaitu 9mm, 12mm dan 15mm.
4. Papan gypsum tahan benturan

Papan gypsum ini mempunyai performa ketahanan terhadap benturan. Mungkin kita akan bertanya – tanya, benturan apa yang sanggup ditahan oleh papan gypsum? Benturan yang dimaksud disini adalah benturan tubuh manusia, trolley, meja kursi dan sebagainya. Cocok dipergunakan di koridor, ruang fitness, dinding kamar rumah sakit dan sebagainya. Tebal yang tersedia yaitu 12mm dan 15mm.
Selain itu ada pula produk papan gypsum yang difungsikan untuk memperbaiki kualitas akustik ruang. Papan gypsum ini biasanya dibuat berperforasi atau "bolong – bolong". Selain fungsi akustik, papan gypsum ini terlihat sangat indah penampilannya.
Dengan semua variasi papan gypsum dengan kehebatan – kehebatannya, sayang sekali bila kita masih menggunakan triplek dalam bangunan kita. Papan gypsum tidak membatasi kreatifitas desain seorang arsitek, bentuk datar dan lengkung dapat dengan mudah diaplikasikan. Dengan tidak meggunakan triplek, kita sudah berpartisipasi dalam membantu konservasi alam, tidak menggunakan kayu berarti menjaga hutan kita.


Ukuran : ukuran papan gypsum bermacam – macam dan tergantung dari merek. Terdapat papan gypsum yang berukuran
Warna : papan gypsum berwarna putih dan abu-abu.
Sifat penerapan : papan gypsum dapat diterapkan pada partisi ruangan, plafon, maupun lantai.
System pemeliharaan : papan gypsum, tidak boleh dibiarkan terbuka dan harus diberi bahan finishing. Sehingga papan gypsum yang sudah terpasang tidak perlu memerlukan perawatan khusus.
Contoh penerapan : lantai pada gedung bioskop, lantai pada gedung olah raga, lantai pada gudang otomotif, dll.


Cara pemasangan : : dipasang dengan cara menyekrupkan papan kalsi ke rangka baja (desain disesuaian dengan beban hidup dan parameter lainnya). Kemudian diberikan finishing seperti karpet, vinyl, parket maupun keramik. Yang harus diperhatikan adalah fungsi ruang yang berhubungan dengan beban secara structural seperti beban mati dan beban hidup yang akan diterima oleh lantai. Penggunaan lapisan Karpet, vinyl ataupun parket disarankan hanya untuk penggunaan ruangan yang menerima beban minimal seperti rumah, kantor kecil, dll. Sedangkan untuk ruang yang memiliki beban besar disarankan untuk menambahkan lapisan mortar dan keramik. Pemakaian ini juga akan mengurangi efek getaran.



Kekurangan :
  1. Harga Mahal
  2. memerlukan cara pemasangan yang hati-hati seta tepat. Karena kesalahan pada pemasangan dapat berakibat fatal pada bangunan, seperti timbulnya retak.
  3. Tidak dapat menahan beban yang terlalu besar tanpa diberi finishing.

 

Kelebihan :
  1. Bila ada yang rusak, tidak perlu mengganti seluruh lembaran, tapi cukup bagian yang rusak dengan dikompon (diplaster). Hasilnya rapi tanpa retakan.
  2. Perawatan dan perbaikan gypsum lebih mudah
  3. Memiliki berat yang jauh lebih ringan dari dinding plaster, tekanan pada struktur dinding konstruksi lebih ringan
  4. Papan gypsum lebih terhadap tahan api

 

Harga :
Papan Gypsum Aplus 9 mmRp. 46.000
Papan Gypsum Jayabord 9 mmRp. 55.000
Papan Gypsum Elephant 9 mmRp. 53.000
Papan Gypsum Knauf 9 mmRp. 52.000
Papan Gypsum Indal 9 mmRp. 45.000

 


 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More