Senin, 04 Juni 2012

Papan Kalsium

Papan Kalsium terbuat dari panel kalsium-silikat dan menggunakan serat selulosa sebagai penguat. Secara tampilan kasat mata, papan kalsium menyerupai bahan plafón fiber cement, namun lebih tebal dan kuat. Papan kalsium dalam proses produksinya telah mengalami pengeringan secara autoclaving, sehingga tidak mengalami muai susut. Berat jenis papan lebih berat daripada papan gypsum, namun dari sisi kekuatan dan kepadatan papan kalsium lebih padat dan kuat. Di pasaran ketebalan papan kalsium terdiri dari 6mm,9mm dan 12 mm. Merk yang ada di pasaran: GRC dan Kalsiboard.
Untuk merk GRC ukuran per lembar 120 cm x 240 cm . Harga 4 mm : Rp 75.000/lembar . 6 mm : Rp 100.000/lembar. 9 mm : Rp 150.000/lembar.

1.1  Kelebihan :

·         Ketahanan terhadap air. Papan Kalsium lebih tahan terhadap air dan lembab. Bila terkena air, papan kalsium tidak akan terurai seperti halnya papan gypsum, ataupun terkelupas seperti triplek atau multiplek, namun papan kalsium bila terkena air dan lembab akan mudah sekali terdapat bercak-bercak hitam (jamur), tetapi hal ini dapat diatasi dengan pengamplasan dan pengecatan kembali
·         Ketahanan Terhadap Api. Bahan papan kalsium rata-rata tidak mudah terbakar dan tidak juga menyebarkan nyala api, sehingga bahan ini sangat cocok untuk ruang-ruang yang membutuhkan perlindungan terhadap api, dan yang rentan pada kebakaran (mis: dapur, laboratorium, dll)
·         Ketahanan Terhadap Benturan dan Goresan. Bahan dengan kerapatan yang padat, menjadikan papan kalsium cocok diaplikasikan di ruang dimana banyak orang dan barang berlalu lalang. Papan Kalsium tidak mudah ”gupil” dan gores, namun perlu dicatat bahwa papan kalsium mempuyai sifat yang lebih getas, sehingga bila mengalami benturan yang cukup keras pada bagian yang tidak terdapat rangka bisa mengalami keretakan, dan keretakan pada papan kalsium memang bisa diatasi dengan pemberiana plaster &compount seperti halnya pada gypsum, namun hasilnya tidak bisa serapi papan gypsum.

3.4 Kekurangan :
·         Akustik. Papan kalsium memiliki material yang cukup padat, bahkan lebih padat dari plesteran dinding bata pada umumnya, oleh karena itu dari segi akustik papan kalsium cenderung tidak dapat menyerap suara dengan baik dan tidak cocok untuk ruang yang membutuhkan peredaman suara (misal ruang pertunjukan atau studio)

3.5 Pemasangan
Pemasangan papan kalsium sebagai partisi dapat menggunakan rangka kayu ataupun rangka metal (hollow) yang banyak tersedia di pasaran. Rangka biasanya disusun secara vertikal dengan jarak menyesuaikan dengan persyaratan tinggi maksimum yang dibutuhkan.Bila Rangka telah terpasang, maka papan kalsium dapat dipasang. Dalam pemasangannya, diperlukan finishing dengan dicat.Papan kalsium memiliki sifat bahan yang lebih keras dan kaku maka biasanya bila rangka kurang rapi sambungan antar panel juga terlihat begelombang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More