Selasa, 10 Juli 2012

Sekilas Tentang Atap

A.   
   Definisi Atap
Atap adalah penutup atas suatu bangunan yang melindungi bagian dalam bangunan. Sebuah atap mempunyai fungsi yang sangat banyak. Di antaranya adalah mampu melindungi keseluruhan bagian dari suatu rumah, baik dari segi fisik maupun psikis. Adapun yang dimaksud dengan perlindungan fisik adalah bisa memproteksi segala sesuatu yang dapat merusak dan mengancam keselamatan para penghuninya. Sedangkan, yang dimaksud dengan perlindungan psikis ialah para penghuni merasa tenang tinggal di dalamnya lantaran mereka memperoleh jaminan keselamatan jiwa.Maka dari itu, cukup jelas bahwa yang paling utama dari manfaat atap adalah memberikan keselamatan bagi para penghuni di dalam suatu rumah.

B.      Fungsi Atap
Fungsi atap secara umum sebagai pentup dari keseluruhan ruangan yang ada dibawahnya terhadap pengaruh panas, hujan, debu, kotoran, dan angin.
Atap harus disesuaikan dengan bentuk dan model rumah. Sebab, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap penampilan, biaya, iklim,dan material yang digunakan.
      Beberapa fungsi atap adalah sebagai berikut :
1.       Sebagai Nilai Seni Rumah
2.       Sebagai Peredam Suara
3.       Sebagai Pelindung dari Angin
4.       Sebagai Pelindung dari Petir dan Api
5.       Sebagai Pelindung dari Badai
6.       Sebagai Pelindung dari Sinar Matahari

C.      Penutup Atap
Penutup atap adalah komponen teratas yang bersinggungan secara langsung dengan udara dan cahaya luar, seperti sinar matahari, hujan, badai, dan angin. Pemilihan bahan penutup harus dilakukan sebaik mungkin. Bahan yang digunakan bukan hanya dicermati dari kuat atau keawetannya, melainkan juga segi estetisnya. Sebab, atap merupakan mahkota dari sebuah rumah. Dengan atap yang indah dan model menawan, rumah akan tampak bagus.
Bahan material atap, warna atap, dan bentuk atap yang digunakan harus sesuai dengan keseluruhan tampilan rumah. Dengan demikian, rumah tampak lebih menarik dan indah.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More